Tuesday 14 March 2017

Resep Roti Manis Sederhana dan Mudah Membuatnya

Assalamualaykum Wr Wb....

Haloo haii haiii....
Akhirnya terbersit ide untuk bisa menambah daftar posting blog ini.
kali ini yang mau saya posting adalah tentang urusan dapur. sebenernya nih saya paling hobby namanya masak memasak. entah kenapa.. ketika saya lagi masak itu rasa bahagia berlebih itu muncul, karena dari masak saya bisa berekspresi. merealisasikan berbagai imaginasi tentang rasa, warna dan bentuk. aaaah malah curhaaaat....!!!

cuss mau bahas apa sih?

okay,... kemarin nih ceritanya saya pulang kerumah dengan niat pengen bikin roti tawar.. setelah bahan-bahan sudah dibeli, kok rasanya ribet kalau mau bikin roti tawar karena takut proses ngirisnya nanti ga serapih roti tawar yang dijual-jual itu dan berakhir kecewa, jadilah saya ganti rencana tambahin aja gula dan bikin roti manis. jadi? iyaa jadi... rasanya? Manusiawi.

Resep yang saya pakai disini cukup sederhana, dengan bahan yang mudah didapat, ga banyak macem dan ga ribet. tapi hasil rotinya juga sederhana yaa...

Apa aja sih resepnya?

Bahan - bahan.

  1. 500 gram tepung terigu tinggi protein ( saya pakai Cakra Kembar )
  2. 6 gram ragi instan ( saya pakai setengah bungkus fermipan kemasan 11gram)
  3. 10 sendok makan gula pasir
  4. 80 gram margarin
  5. 40 gram susu vanila bubuk
  6. 2 butir telur
  7. air es secukupnya.
nah... dari bahan tersebut diatas cuma untuk bahan bikin rotinya yaa.. kalau kalian mau buat roti dengan isian atau toping boleh dipilih sendiri isian atau topingnya sesuai selera, seperti keju, coklat, mesis, abon, buah, atau yang lain.

Proses pembuatan:
  1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk kedalam wadah/baskom plastik kemudian aduk-aduk. penggunaan baskom/wadah plastik bertujuan agar proses pengadonan tidak lengket.
  2. Tambahkan margarin dan telur, adoni bahan-bahan tersebut menggunakan tangan. tambahkan sedikit demi sedikit air es. jangan terlalu banyak menambahkan air karena adonan tidak bisa kalis dan jangan terlalu sedikit menambahkan air karena akan membuat adonan terlalu keras.
  3. Uleni bahan-bahan tersebut hingga kalis.
  4. Setelah adonan kalis diamkan adonan selama 30 menit agar mengembang. tutup dengan kain yang sudah dibasahi.
  5. Uleni kembali adonan yang telah mengembang, bagi menjadi dua bagian. diamkan selama 30 menit dengan ditutup menggunakan kain basah.
  6. Olesi loyang untuk memanggang roti dengan margarin.
  7.  Adonan yang telah mengembang tadi dibagi menjadi bagian kecil kira-kira 20 sampai 30 gram, bentuk sesuai selera (berikan isian yang sudah disiapkan). tempatkan pada loyang yang sudah diolesi margarin. diamkan hingga mengembang dengan ditutup kain basah (PERHATIAN : kain penutup dialasi dengan tudung saji atau sesuatu yang berongga agar tidak menyentuh adonan roti)
  8. Panaskan oven pada suhu 200'C selama 10 menit.
  9. Masukan adonan yang telah mengembang kedalam oven. panggang selama 15 menit atau sampai permukaan atas adonan berwarna kecoklatan.
  10. Keluarkan dari oven dan selamat menikmati....
ini dia hasilnyaaa...





Info : hasil roti menggunakan bahan-bahan diatas tidak begitu lembut, saran sih kalau ingin hasil lebih lembut bisa ditambahkan butter dengan mengurangi jumlah margarinnya. jadi pakai 40gr butter dan 40 gr margarin. bisa juga ditambahkan dengan pelembut kue..

selamat mencoba.. semoga berhasil!!

Featured post

(Review) Garnier Sakura White 2 bulan pemakaian?